Monday, August 23, 2010

Touchpad Acer Tidak Berfungsi

Pengalaman menarik ini saya alami ketika sedang browsing pada waktu liburan, tiba-tiba touchpad notebook Acer Aspire 4935 tidak berfungsi setelah stand by karena batterey empty. Berbagai cara sudah dicoba sampai menguninstall anti virus dengan pemikiran mungkin ini crash program aja.
Setengah hari berlalu tanpa hasil, kebetulan notebook punya dual OS Windows dan Linux, touchpad di keduanya masih tidak berfungsi walaupun dibuka dari Linux hasil saran dari istri yang kebetulan lulusan ilmu computer. 3 jam berikutnya dihabiskan berselancar untuk mengatasi problem tersebut, download driver touchpad ALPS dan Synaptics, cari-cari referensi pada alat pencari internet dengan berbagai kata kunci yang mendetail malah menjadi tambah frustasi.
Sempat terfikir untuk install ulang sistem windows saja. Setelah lama utak-utik ternyata dengan kata kunci sederhana di search engine keluarlah tongkat ajaib :) untuk memfungsikan touchpad di notebook Acer dengan memencet “Fn+F7”.
Kesimpulannya waktu stand by mungkin saya memencet ”Fn+F7” yang berfungsi menonaktifkan touchpad pada notebook Acer Aspire 4935. Kejadian ini bisa terjadi pada siapapun karena memang banyak trik-trik baru yang harus diikuti kalau kita ingin melek teknologi :).

1 comment:

Unknown said...

terima kasih mas infonya. akhirnya bisa jalan lagi thoucpadenya